Revolver - Unavailable
BERITA TERKINI

Sabtu, 14 Februari 2015

Poros Maritim Dan Modernisasi Militer Indonesia 2015-2022

Menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah sebuah visi yang didengungkan oleh pemerintahan baru Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi. Sebuah visi yang cukup menarik mengingat wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan wilayah lautan. Visi ini menginginkan Indonesia yang disegani dalam kemaritiman dunia seperti pada zaman dulu kala. Untuk mewujudkan ini tentunya Indonesia harus melakukan modernisasi militernya secara besar-besaran.

Sebagaimana kita ketahui bahwa visi poros maritim dunia ini menharuskan Indonesia untuk menjaga kekayaan laut serta kedaulatannya dari segala bentuk-bentuk pelanggaran dari negara lain, sehingga kekayaan laut Indonesia dan segala potensinya benar-benar dimaksimalkan untuk kemakmuran Indonesia. Tentu ini sebuah visi yang sangat baik, namun tentu saja memerlukan kerja keras untuk mewujudkannya.

Sebab bukan hal yang mudah mewujudkannya. Kita masih ingat bagaimana kekayaan laut Indonesia begitu mudahnya dicuri oleh negara lain. Nelayan-nelayan dari negara lain seperti Thailand, China, Malaysia dan lainnya begitu mudahnya menjarah kekayaan laut Indonesia tanpa mendapat “perlawanan” berarti dari kekuatan laut Indonesia selama ini. Bahkan lebih miris adalah ketika beberapa tahun lalu, nelayan China yang tertangkap petugas Indonesia harus dilepas kembali karena dikawal oleh kapal perang yang membuat nyali petugas Indonesia menjadi ciut.

Maka dari itu, untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia yang disegani, maka mau tak mau Indonesia harus segera memodernisasi militernya secara besar-besaran. Untuk itu, kekuatan militer Indonesia harus segera diperlengkapi dengan mendatangkan alutsista-alutsista yang memadai untuk menjaga seluruh wilayah kedaulatan Indonesia, khususnya wilayah laut.

Untuk itu, kekuatan militer Indonesia harus ditunjang dengan kekuatan alutsista angkatan laut yang mumpuni. Selain angkatan laut, alutsista untuk angkatan udara juga harus benar benar di tambah secara significant untuk menjamin bahwa kedaulatan maritime Indonesia bisa benar-benar tegak. Untuk alutsista TNI AL, Indonesia sudah mendatangkan 3 unit Light Fregart Bung Tomo Class dan banyak KCR-40 dan KCR-60. Selain itu, Indonesia juga sudah memesan 2 unit PKR Sigma-10514 dengan opsi sampai 10 unit dari Belanda. Juga ada pemesanan 3 unit Kapal Selam DSME-209 dari Korea Selatan. Untuk armada pesawat intai maritime, TNI AL sudah memiliki 3 unit CN-235 MPA dan sudah memesan 2 unit tambahan lagi, sehingga nantinya Indonesia memiliki 5 unit CN-235 MPA.

Namun semuanya itu rasanya masih kurang mengingat luat wilayah laut Indonesia yang sangat luas sehingga dibutuhkan banyak sekali tambahan alutsista TNI AL untuk menjamin visi poros maritim dunia ini benar benar terlaksana. Ditambah lagi diperlukannya aspek perbaikan birokrasi pengamanan laut yang selama ini terkesan cukup rumit. Ditambah lagi perlunya penyelesaian masalah logistic sehingga tidak ada lagi “alasan” kurangnya BBM untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Maka dari itu, hemat penulis, visi Indonesia sebagai poros maritim dunia merupakan visi yang baik namun tidak lah mudah diwujudkan. Namun dengan kemauan keras dan dukungan seluruh lapisan Indonesia, hal ini bisa terwujud. Ini juga tentunya harus dibarengi dengan modernisasi militer Indonesia secara significan.

Lalu apa saja alutsista TNI yang akan didatangkan dalam program modernisasi militer Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritime dunia ini? Tentu masih susah untuk menebak secara pasti, namun hal ini tampaknya akan menjadi focus dalam program MEF Renstra II (2015-2019) yang akan dijalankan pemerintahan baru Indonesia 2015-2019 yang di pimpin Presiden Jokowi ini. Kita tunggu saja dan berdoa untuk yang terbaik bagi Indonesia.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 by BIMO SAKTI SAPUTRO XII TOKR I BLOG MILITER
Design by FBTemplates | BTT